• Selasa, 28 September 2021

PT. Bisnis Bandung Gaido (BBG)

Halal Products, Beyond Halal Compliance

Halal Products, Beyond Halal Compliance Asep Ruslan Peserta dan Narasumber Ekspor Produk Halal Indonesia (Foto: Asep)

Wahai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan, karena sebenarnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu (QS Al Baqarah ayat 168).

KADINBANDUNG.COM - Halal, sebagai standar pada produk, telah menjadi orientasi dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia yang tidak lepas dari konsumsi produk. Tak hanya kalangan muslim, di negara dengan penduduk saja, sekalipun, banyak orang memandang bahwa hal ini penting. Produk halal menjadi perhatian serius dan industri halal berkembang di sana.

Presiden ISABIC dan Bendahara Komite Eksport Komite Halal DPP MES yang juga Founder & CEO Gaido Grup, Muhamad Hasan Gaido, mengungkapkan hal itu saat Berbicara sebagai narasumber dalam Diskusi Berani bertema “Ekspor Produk Halal Indonesia” yang diadakan oleh Gaido Travel Cabang Kota Bandung dan Gema Computer bertempat di Wisma Kemensesneg Jl. Cilaki No.61 Bandung, Minggu (14/3/2021).

Sebagai pembicara lainnya juga hadir Staf ahli Bidang Politik & Pertahanan dKemensesneg RI Profesor Dr. H. Dadan Wildan Anas, M.Hum dan Moderator Dr. Evi Fauzia Anas, M.MPD salah satu Pemilik Gaido Travel Cabang Bandung.

Dalam pemaparannya, Hasan Gaido menceritakan tentang perjalanan bisnisnya yaitu di Gaido bagaimana menjadi pengusaha sukses, yaitu harus banyak proses bukan banyak protes, jalan terus dengan inovasi tanpa batas yaitu dengan mengedepankan strategi Abg cantik. Akedemisi, Bisnis, Goverman dan Komunitas, dimana ini harus saling bahu membahu yaitu saling berkomunikasi berkolaborasi bersinergi untuk mencapai tujuan kita bersama.yaitu dari Gaido Grup Visinya Indonesia pusat ekonomi syariah dunia.

“Visi MES adalah meningkatkan berita pasar ekspor produk halal Indonesia serta menuju pusat produsen halal dunia dengan tagline yang diangkat  “Halal Products, Beyond Halal Compliance”  . MES telah memetakan tentang latar belakang posisi Indonesia di kancah internasional khususnya di negara-negara OKI yaitu GDP kita cukup tinggi dan berada di peringkat Indonesia ke 4 baik dari perbankan, makanan halal, keuangan islam, wisata muslim. Indonesia semakin bangkit,” kata Hasan Gaido.

Selanjutnya Hasan Gaido mengatakan, program utama dari Komite Kerja dari Produk Halal yaitu akselerasi program pendampingan go ekspor kepada pelaku usaha produk halal, akselerasi digitalisasi dan globalisasi pelaku usaha produk halal yang terintegrasi.

“Akselerasi bisnis linkid dan akses pasar produk halal indonesia, maka nantinya kita akan ada startegi bisnis produk halal indonesia ada pemetaan, ada kurasi, ada pendampingan go digital, ada pendampingan go ekspor, ada akselerasi promosi perdagangan, ada akselerasi bisnis maching dan kesepakatan bisnis, ada pembiayaan, ada go digital global, ada linkid lokal global, ada linkid global hfc dan linkid filantropi. Ini yang akan kita dorong untuk para pelaku UMKM kita,” ungkapnya.

Dalam kurasi produk, hadir para pelaku UMKM yang bawa produknya langsung seperti H. Kusnandar (gula aren), Azis (Bumbu-bumbu), H. Harun (Vaneli) untuk persiapan ekspor ke luar negeri di negara-negara Timur Tengah seperti Saudi Arabia dan UEA.

Zoom Meeting Ekspor Produk Halal Indonesia (Foto: Asep)

Hadir dalam kegiatan Business Talk H. Dudi selaku sponsorship Kantor Cabang Gaido Travel Kota Bandung, Pengurus Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Bandung Bhakti Desta Alamsyah selaku pendamping para pelaku UMKM Kota Bandung untuk naik kelas, KH. Deden dari Gaido Travel Cabang Kab. Bandung, yang hadir secara online ikut paparan dari Kedutaan Indonesia untuk UAE di Abu Dhabi Fungsi Ekonomi, Direktur ITPC Dubai dan perwakilan BKPM di Abu Dhabi, beberapa pengurus MES dan pelaku usaha di beberapa kota di Indonesia.

Mudah-mudahan kegiatan ini menginspirasi para pelaku UMKM, bahwa kita bukan lagi bicara tentang tatanan perencanaaan tapi kita saat ini waktunya untuk kolaborasi dan eksekusi, jadi siapa yang punya barang mari kita bersama-sama dengan kita. yaitu PT Bisnis Bandung Gaido (BBG) dengan Bhakti Desta Alamsyah sebagai Direkturnya dan juga akan dibuat flatform digital untuk mengangkat produk-produk UMKM,” pungkas Hasan Gaido. 

Editor: Asep Ruslan

Bagikan melalui:

Komentar