• Minggu, 1 Agustus 2021

Program Pemulihan Ekonomi Kota Bandung

SOSIALISASI PROGRAM BANTUAN BAGI WIRAUSAHA DAN PROGRAM PRA KERJA

SOSIALISASI PROGRAM BANTUAN BAGI WIRAUSAHA DAN PROGRAM PRA KERJA AdministratorIntan Ketua Kadin Kota Bandung, Iwa Gartiwa, M.M. Bersama Para Peserta dan Narasumber Program Bantuan Bagi Wirausaha dan Program Prakerja.

KADINBANDUNG.COM Dalam Program Pemulihan Ekonomi Kota Bandung, Kadin Kota Bandung bersama dengan Forum RW Kota Bandung mengadakan kegiatan sosialisasi program-program bantuan bagi wirausaha dan program pra kerja. Acara ini dilaksanakan di Graha Kadin Kota Bandung Jalan Talaga Bodas No.31  Bandung. Acara ini didukung oleh Bank bjb, PT Pegadaian dan LPK Kita Kompeten. (02/06/2021)

Acara yang dihadiri oleh Ketua Kadin Kota Bandung, Iwa Gartiwa, M.M., Ketua Forum RW Kota Bandung Robby, Ketua IPEMI  Siti Rohimah dan peserta yang merupakan perwakilan pengurus RW se- Kota Bandung ini dibagi menjadi 3 sesi dan setiap sesi terdiri dari 50 peserta dengan menerapkan protokol kesehatan menjaga jarak dan memakai masker. 

Acara Sosialisasi ini diawali dengan melakukan registrasi peserta, kemudian pembukaan oleh MC yang merupakan Direktur Eksekutif Kadin Kota Bandung Ridwan Kurniawan, dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Forum RW dan sambutan sekaligus pembukaan acara oleh Ketua Kadin Kota Bandung, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian program bantuan pra kerja oleh LPK Kita Kompeten, program kredit mesra dari Bank bjb dan Tabungan Emas dari Pegadaian.

Sambutan Ketua Kadin Kota Bandung Iwa Gartiwa, M.M. dalam Kegiatan Sosialisasi Program Bantuan Bagi Wirausaha dan Program Pra Kerja

Dalam Sambutannya Iwa Gartiwa menyampaikan bahwa dirinya sangat mengapresiasi adanya program-program seperti ini, "saya sangat mengapresiasi program-program bantuan seperti ini karena kewirausahaan dipandang penting karena mampu menyerap tenaga kerja dan mendorong pelaku usaha dan salah satu indikator pertumbuhan ekonomi suatu negara itu dapat dilihat dari rasio kewirausahaan terhadap jumlah penduduknya. Oleh karena itu potensi UMKM perlu didukung dan didorong penuh agar pelaku usaha dapat tumbuh dan menumbuhkan ekonomi negara dengan menciptakan wirausaha yang inovatif, kreatif dan mampu menghasilkan produk barang/jasa yang berdaya saing".

Disampaikan oleh Agung Putra selaku perwakilan dari LPK yang terpilih bekerjasama dengan pemerintah untuk prakerja yaitu LPK Kita Kompeten bahwa "Kartu Prakerja adalah program bantuan pemerintah dengan memberikan biaya pelatihan dan insentif bagi para pekerja/buruh yang dirumahkan, pencari kerja, serta pelaku usaha mikro dan kecil yang kehilangan pekerjaan dan/atau mengalami penurunan daya beli akibat pandemi Covid-19 serta pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi".

Dengan program tersebut diharapkan dapat membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung pekerja dan perusahaan, mengurangi biaya untuk mencari informasi mengenai pelatihan, mendorong kebekerjaan dengan mengurangi mismatch, menjadi komplemen dari pendidikan formal serta membantu daya beli masyarakat yang terdampak penghidupannya akibat COVID-19.

Selain itu, program bantuan bagi wirausaha yang merupakan program dari Kementrian KUMKM disampaikan oleh perwakilan dari Kadin Kota Bandung Bhakti Desta Alamsyah bahwa "Program bantuan dana bagi wirausaha ini diberikan oleh Kementrian KUMKM yang bersumber dari APBN. Program ini diberikan dalam bentuk uang yang langsung ditransfer ke rekening penerima Program Bantuan. Nilai daripada Program Bantuan ini kepada setiap Wirausaha maksimal sebesar Rp.7.000.000,- .

Peserta Mendapat Arahan Mengenai Program Bantuan Bagi Wirausaha

Bank bjb pun menyampaikan Program Kredit Mesra, seperti yang disampaikan oleh Gerry perwakilan dari Bank bjb bahwa "Kredit Mesra merupakan program kredit hasil kerja sama Pemprov Jabar dengan bank bjb yang dirancang secara khusus untuk membantu memajukan usaha masyarakat hingga daerah pelosok. Seturut peruntukannya, produk kredit ini tidak berorientasi pada profit. Kredit bjb Mesra merupakan produk pembiayaan tanpa agunan alias bunga yang diberikan kepada kelompok masyarakat tertentu di Jabar. Selain tanpa beban agunan, Kredit bjb Mesra juga menawarkan segudang keringanan dan kemudahan lain bagi mereka yang hendak menjadi debitur. Tak mengherankan apabila kredit yang bertujuan menopang visi pembangunan perekonomian daerah ini semakin diminati dan menjadi primadona seiring berjalannya waktu.

Dan Program yang terakhir merupakan Program Tabungan Emas Pegadaian, disampaikan oleh Bambang Heru bahwa "Tabungan emas Pegadaian bisa jadi alternatif investasi emas batangan. Keuntungan dari menabung emas Pegadaian adalah besaran setoran yang relatif sangat terjangkau. Tabungan emas di Pegadaian adalah layanan pembelian dan penjualan emas dengan cara membeli emas dalam bentuk logam mulia 24 karat melalui fasilitas selayaknya menabung. Sederhananya, seseorang nasabah bisa menyetorkan uang tunai dalam jumlah berapa pun yang nantinya akan dikonversi ke dalam gram emas batangan sesuai dengan harga terbaru emas 24 karat yang berlaku. Saldo emas yang terkumpul di rekening tersebut, nantinya bisa dicairkan menjadi uang tunai atau dicetak menjadi emas batangan fisik berdasarkan harga emas logam mulia yang berlaku. Modal berinvestasi tabungan emas Pegadaian relatif sangat terjangkau, karena nasabah bisa menabung emas Pegadaian mulai dari 0,01 gram.

Editor: Ridwan Kurniawan

Bagikan melalui:

Komentar