• Minggu, 1 Agustus 2021

PELATIHAN PROSES BISNIS BERBASIS ERP UNTUK OPTIMALISASI BISNIS LEBIH EFISIEN DAN EFEKTIF

PELATIHAN PROSES BISNIS BERBASIS ERP UNTUK  OPTIMALISASI BISNIS LEBIH EFISIEN DAN EFEKTIF Laras Lestari

KADINBANDUNG.COM

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Bandung bekerjasama dengan  Telkom University Bandung berupaya memacu sektor usaha kecil menengah (UKM) untuk melakukan transformasi digital dengan penggunaan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) melalui “Pelatihan Proses Bisnis Berbasis ERP untuk Optimalisasi Bisnis Perusahaan Lebih Efisien dan Efektif Anggota Kadin Kota Bandung”.   Pelatihan yang diadakan pada hari Rabu, 16 Juni 2021 di Aula Graha Kadin Kota Bandung, Jalan Talaga BodasNo. 31 Kota Bandung  ini menghadirkan pemateri R.Wahyu Witjaksono, MM., M.Kom, Dosen dari Telkom University dan Luthi Triyana, Mahasiswa Telkom University.

Pelatihan yang dihadiri oleh 30 peserta UKM dari komunitas usaha Alumni Unpad (Lupba) ini dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Kadin Kota Bandung Bidang Koperasi dan UMKM, Bambang Tris Bintoro mewakili Ketua Kadin Kota Bandung, Ir. Iwa Gartiwa, MM.  Dalam sambutannya Bambang Tris Bintoro mengungkapkan ERP ini umumnya diterapkan oleh perusahaan-perusahaan besar, namun tidak menutup kemungkinan bagi usaha skala kecil dan menengah penggunaan sistem ERP ini mulai diterapkan.   Implementasi sistem ini akan memudahkan dalam perencanaan dan pengelolaan sumber daya perusahaan serta mengintegrasikan semua divisi usaha UKM, tuturnya.

Bambang Tris Bintoro menambahkan sistem ERP memungkinkan bagi UKM untuk melakukan perencanaan produksi dengan lebih mudah, mendapatkan proses efisiensi informasi produksi, meningkatkan kapasitas mesin dan efektifitas tenaga kerja di lapangan. “ Saya berharap Telkom University  dapat membantu UKM-UKM binaan Kadin Kota Bandung mengenai perangkat lunak sistem yang dibutuhkan setiap pengusaha ini untuk bisa lebih mengembangkan bisnis dan menjalankan secara profesional dan tepat guna, yang dapat mengintegrasikan dan mengoptimalisasi proses bisnisnya. 

Sementara itu R. WahyuWitjaksono memberikan sambutan mewakili Telkom University, dikatakannya cara memajukan UMKM salah satunya dengan mengikuti pelatihan dan mengikuti teknologi yang berkembang pesat pada saat ini. misalnya, jika kita melakukan transaksi ke bank atau melakukan peminjaman dana melalui sistem online bisa lebih memudahkan kita dalam bertransaksi dimana pun dan kapan pun.  Disamping itu di tengah  era digitalisasasi yang semakin berkembang  diperlukan  sistem terintegrasi yang menyatukan berbagai fungsi baik internal maupun eksternal dalam sebuah perusahaan, dengan sistem ERP.

Pada penyampaian materi R. WahyuWitjaksono mengatakan dengan sistem ERP bisnis dapat berjalan dengan tingkat pelayanan pelanggan dan produktivitas yang tinggi, biaya dan inventory yang lebih rendah, dan menyediakan dasar e-commerce yang efektif.   Tetapi untuk dapat mengadopsi teknologi sistem ERP, suatu perusahaan harus mengeluarkan biaya  yang relatif mahal, untuk investasi paket software aplikasi ERP, hardware berupa server dan desktop, database dan operating sistem softare, high performance networ, hingga biaya konsultasi.

Menurut Wahyu ERP SOLUTION merupakan sistem yang memudahkan berbisnis agar lebih terencara dengan efektif dan efisien.  Diperlukan data base center sistem perusahaan yang terdiri dari penjualan dan pemasaran, keuangan dan akuntansi, sumber daya manusia, manufaktur dan produksi.   Pengembangan ERP di perusahaan melalui 4 tahap yaitu : tahap pengembangan perusahaan ; pencatatan sederhana (manual ), tahap pengembangan S.I akuntansi, tahap pengembangan S.I manajemen dan tahap ERP.  Implementasi ERP adalah sebuah keharusan bagi perusahaan perkembangan globalisasi sudah memperketat pola persaingan usaha sehingga semakin mempertegas kebutuhan akan sebuah system yang dapat mengarahkan perusahaan utk bekerja lebih efektif, efisien, serta tepat sasaran.

Ditambahkan Wahyu ERP dirancang untuk menyediakan sebuah framework bagi pengembangan dan mengkustomisasikan sebuah system yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis perusahaan. ERPIndo sebagai software ERP untuk segala kalangan karena harganya murah. ERPIndo sangat aman dan menggunakan aturan keamanan yang sangat ketat.  ERP dibangun dengan teori manajemen. ERPIndo tidak terikat dengan satu database khusus. sehingga  bisa menggunakan beberapa database yang ada di perusahaan.

Lebih lanjut menurut Wahyu SAP analytic cloud adalah salah satu aplikasi ERP yang berfungsi utk memenuhi kebutuhan visual. SAP Analytic cloud menggabungkan semua kemampuan analisis, termasuk perencanaan, analisis prediktif, pelaporan dan intelijen bisnis dalam satu solusi tunggal.  

Sementara itu mahasiswa Telkom University, Luthi Triyana mempresentasikan mengenai pengembangan hasil konfigurasi dan implementasi dari aktivitas modul SCM  (Supply Chain Management) dan Accounting yang dilakukan dengan menggunakan sistem aplikasi dari Odoo.  Dimulai dari dari tahap analisis studycase, pembuatan proposal, pembagian dan pengerjaan jobdesk masing-masing melakukan presentasi, hingga pembuatan laporan. Adapun tujuannya adalah untuk membantu perusahaan dalam urusan pendjadwalan keluar masuknya produk di perusahaan maupun pengelolaan laporan keuangan dan mencatat transaksi yang dilakukan perusahaan. Pengembangan dengan menggunakan sistem aplikasi Odoo ini dapat dikatakan berhasil jika konfigurasi dan implementasi modul SCM dan Accounting dapat menangani seluruh kebutuhan perusahaan.   Implentasi dan konfigurasi ERP yang pernah dicoba diterapkan pada perusahaan PT. Cimory, ujar Luthi Triyana. 

Selanjutnya Direktur Eksekutif Kadin Kota Bandung, Ridwan Kurniawan  memberikan penjelasan tentang Profile KADIN Kota Bandung , Keanggotaaan Kadin dan Program Kegiatan Kadin Kota Bandung.

Pada acara pelatihan ini juga dilakukan penyerahan plakat dari Telkom University  oleh R. Wahyu Witjaksana kepada Bambang Tris Bintoro mewakili Kadin Kota Bandung.

Editor: Ridwan Kurniawan

Bagikan melalui:

Komentar