• Jumat, 26 Februari 2021

Program Pemulihan Ekonomi Kota Bandung

Kadin Kota Bandung Gelar Bimtek Pengajuan Pinjaman Dana Bergulir Koperasi dan UMKM dari LPDB

Kadin Kota Bandung Gelar Bimtek Pengajuan Pinjaman Dana Bergulir Koperasi dan UMKM dari LPDB Asep Ruslan Iwa Gartiwa Ketua Kadin Kota Bandung

KADIBANDUNG.COM - Dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19, selalu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir dan menjaga jarak. Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Bandung melaksanakan kegiatan Sosialisasi Bimbingan Teknis (Bimtek) Koperasi dan UMKM dalam pengajuan pinjaman dana bergulir pada Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) di bawah kementrian Koperasi & UKM Republik Indonesia, di Graha Kadin Kota Bandung Jalan Talaga Bodas No. 31 Kota Bandung, Selasa (19/1/2021).

 

Kegiatan sosialisasi Bimtek LPDB (Foto: Asep Ruslan)

Dalam acara Bimtek yang dibuka oleh Ketua Kadin Kota Bandung, Ir. Iwa Gartiwa, MM, hadir sebagai narasumber Koordinator Satuan Wilayah LPDB Provinsi Jabar Evin Eka Saputra dan Kepala Seksi Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Negeri Kota Bandung,  DR. Hardiansyah, SH. MH., M.I.Pol.

Pada kesempatan itu, Ketua Kadin Kota Bandung Iwa Gartiwa menyebut bahwa pelaku UMKM di Kota Bandung sangat membutuhkan permodalan usaha, maka koperasi harus memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM, dan anggota koperasi khususnya dalam memperoleh akses pembiayaan.

“Terpenting, koperasi harus memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM, dan anggota koperasi khususnya dalam memperoleh akses pembiayaan. Koperasi harus menjadi solusi masalah keuangan anggotanya, khususnya pelaku UMKM. Mereka sangat butuh pembiayaan yang mudah diakses”, kata Iwa Gartiwa.

 

Kasi Datun Kejari Kota Bandung, Hardiansyah (Foto: Asep Ruslan)

“Ini penting sebab menurut pengamatannya, masih ada para pelaku UMKM di kota Bandung yang terjerat rentenir. Maka koperasi harus hadir di tengah-tengah pelaku UMKM secara ramah sekaligus harus mendidik”, tambahnya.

Koordinator Satuan Wilayah LPDB Provinsi Jabar Evin Eka Saputra dalam sambutannya mengatakan.

“Lembaga keuangan bukan Bank yang berada di bawah koordinasi Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia ini memiliki nama lengkap Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM). Lembaga ini diberikan mandat oleh kementerian Koperasi dan UKM untuk mendistribusikan dan mengelola dana APBN yang diperuntukkan khusus pelaku koperasi maupun UMKM”, tuturnya.

Editor: Asep Ruslan

Bagikan melalui:

Komentar