• Jumat, 26 Februari 2021

Rapat Satgas Pemulihan Ekonomi Kota Bandung

Rapat Satgas Pemulihan Ekonomi Kota Bandung Administrator Iwa Gartiwa (tengah kanan) dan Eric Mohamad Atthauriq Pimpin Rapat Satgas Pemulihan Ekonomi Kota Bandung (Foto: Ridwan)

KADINBANDUNG.COMKetua Kadin Bandung Iwa Gartiwa bersama Asisten Perekonomian Eric Mohamad Atthauriq Serta Kabag Ekonomi R. Budhi Rukmana Pimpin Rapat Satgas Pemulihan Ekonomi Kota Bandung

Pemerintah Kota Bandung berupaya untuk melakukan pemulihan ekonomi Kota Bandung ditengah penanganan covid 19 dengan yang diwujudkan dengan pembentukan Satgas Pemulihan EKonomi Kota Bandung. Satgas yang dipimpin oleh Asisten Perekonomian, Eric Mohamad Atthauriq bertanggungjawab untuk melakukan pemulihan ekonomi Kota Bandung. Satgas ini juga melibatkan Kadin Kota Bandung dan Iwa Gartiwa, Ketua Kadin Bandung ditunjuk sebagai Wakil Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Kota Bandung.

“Ada beberapa tujuan yang hendak dicapai oleh Satgas dan diantaranya adalah ekonomi Kota Bandung pulih dengan fokus pada beberapa sektor yang memiliki daya saing dengan Kolaborasi seluruh stakeholders” kata Erick pada saat membuka rapat perumusan program kerja yang disampaikan oleh pokja-pokja yang ada di satgas ini.

Adapun pokja yang ada dalam satgas ini adalah Pokja investasi , Pokja pariwisata, budaya dan ekraf, Pokja ketahanan pangan dan pertanian, Pokja industri dan perdagangan, Pokja umkm , Pokja, pemberdayaan masyarakat, Pokja ketenagakerjaan, Pokja kerjasama antar daerah, Pokja pengawasan dan pengendalian izin usaha, Pokja informasi dan humas dan Pokja fasilitasi pembiayaan keuangan dan relaksasi ekonomi. “Dikarenakan kita harus mengikuti Protokol Covid 19, maka pelaksanaan rapat dibagi per pokja dan hari ini, Kamis, 28 Januari baru mengundang enam Pokja di Ruang Rapat Asisten Perekonomian” tambah Erick.

Iwa Gartiwa dan Eric Mohamad Atthauriq Pimpin Rapat Satgas Pemulihan Ekonomi Kota Bandung (Foto: Ridwan)

Iwa Gartiwa yang mendampingi Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Kota Bandung, menyampaikan harapannya pada enam Pokja yang hadir pada hari itu, yaitu Pokja Industri dan Perdagangan, Pokja Ketahanan Pangan dan Pertanian, Pokja Fasilitasi Pembiayaan Keuangan dan Relaksasi Ekonomi, Pokja Investasi, Pokja UMKM dan Pokja Pariwisata, Budaya dan Ekraf agar program bisa menyentuh masyarakat khususnya UMKM yang sebagian besar adalah bagian dari masyarakat Kota Bandung.

“Program seluruh pokja diharapkan dapat bersinergi untuk membantu pemulihan ekonomi Kota Bandung dan fokus pada masalah stratejik yang dihadapi oleh pelaku usaha,” kata Iwa.

Masing-masing Pokja mendapatkan perhatian dari Iwa karena relevan dengan pelaku usaha dan UMKM yang memang menjadi bagian utama dari Kadin Kota Bandung.

“Diperlukan program aksi yang nyata dan menyentuh akar masalah agar dapat dirasakan oleh masyarakat sekarang langsung,” ujarnya.

Rapat Satgas Pemulihan Ekonomi Kota Bandung (Foto: Ridwan)

Iwa menegaskan, Kadin Kota Bandung siap mendukung program pemerintah Kota Bandung.

"Hari ini kami didampingi oleh pengurus Kadin Kota Bandung yaitu Bambang Tris Bintoro, wakil ketua umum bidang koperasi umkm dan kemitraan, DR. Elvin B. Sinaga, SIP.,MM, ketua Komite Korea, Ega Megantari, SH, Komite Tetap Bidang pemgembangan SDM serta Dr. Meriza Hendri, SIP, MM Komite Tetap Kewirausahaan yang juga Ketua ABCGM Jabar dan Dosen dan Kepala Entrepreneurship Center Universitas Widyatama," tambahnya sambil memperkenalkan pengurusnya.

R. Budhi Rukmana, Kabag Ekonomi dan Sekretaris Pemulihan Ekonomi Kota Bandung menyatakan bahwa rapat selama satu hari sangat serius tapi santai dan Kadin Kota Bandung memberikan masukan untuk penyempurnaan program kerja yang akan dirumuskan oleh sekretariat Satgas yang akan dibawa dalam rapat Pleno di Februari 2021. “Enam Pokja sudah menyampaikan usulan program untuk pemulihan ekonomi dan kalau sudah selesai dengan seluruh Pokja, Sekretariat Satgas akan merumuskan dan akan dipersiapkan untuk dibahas di Rapat Pleno” kata Budi.

“Adapun empat Pokja yang belum melakukan rapat ini akan dilakukan pada hari Rabu (3/2/2021) yang akan datang,” pungkas Iwa Gartiwa Ketua Kadin Kota Bandung. (28/1 - MH)

Editor: Ridwan Kurniawan

Bagikan melalui:

Komentar