• Jumat, 26 Februari 2021

Ketua KADIN Kota Bandung Himbau UMKM untuk berkoperasi

Ketua KADIN Kota Bandung Himbau UMKM untuk berkoperasi Administrator Iwa Gartiwa (tengah) dengan UMKM, peserta pembinaan dalam acara Kamis Manis Ngobrol Bisnis

KADINBANDUNG.COM - Dua kegiatan rutin yang dilakukan oleh Kadin Kota Bandung adalah Kamis Manis Ngobrol Bisnis dan Coffee Monday dengan pelaku Usaha UMKM Kota Bandung yang sudah dijalankan sejak 2019. Kegiatan yang menjadi bagian dari Gerakan Ekonomi Bandung Bandung sebagai sebuah gerakan untuk mendorong UMKM bangkit dengan menerapkan protokol kesehatan dan juga kampanye untuk mengajak masyarakat membeli produk UMKM.

“Kepedulian Kadin Kota Bandung terhadap UMKM ini sangat penting karena mayoritas pelaku usaha usaha di Kota Bandung adalah berskala UMKM dan Kadin Bandung merupakan rumah bersama kita semua, termasuk UMKM” kata Iwa Gartiwa, Ketua Kadin Kota Bandung dalam setiap kesempatan dan khususnya pda kegiatan Kamis Manis Ngobrol Bisnis dan Coffee Monday.

Iwa Garttiwa dengan UMKM K-PAS Kota Bandung

Dalam kegiatan Kamis Manis Ngobrol Bisnis dihadiri UMKM dari berbagai sektor seperti kuliner, fashion, craft dan lainnya dan mereka mendapatkan materi pembelajaran sebagai pemicu untuk bahasan di ngobrol bisnis. Adapun di program coffee Monday, Kadin Kota Bandung menampung curhatan permasalahan yang dihadapi oleh UMKM dan salah satunya adalah masalah pembiayaan.

“Banyak sekali masalah UMKM yang disampaikan dan sebagian kami berikan solusi dalam Kamis Manis, Ngobrol Bisnis dengan mendatangkan narasumber yang mau berbagi kepada UMKM” tambah Iwa. Hal ini memang terlihat di setiap kamis bahasan yang diberikan seputar manajemen, akses pasar, akses perijinan, akses pembiayaaan.

Hanya saja, untuk penguatan ke pembiayaan, Iwa menghimbau UMKM untuk berkoperasi. “Setelah memasuki episode ke 10, kami melihat perlunya UMKM berkoperasi untuk membantu pembiayaan mereka” tambah Iwa yang menggambarkan bagaimana koperasi sebagai badan usaha berdasarkan Undang-Undang 25 tahun 1992. Tentu selain pembiayaan, aktifitas penyediaan bahan baku bisnis UMKM sampai dengan pemasaran produk UMKM juga bisa dijalankan oleh Koperasi.

Dengan berkoperasi, UMKM di Kota Bandung akan mendapatkan manfaat karena mereka bisa bergotong royong dalam membantu pembiayaan kalau koperasinya menjalankan unit bisnis simpan pinjam. “Selain itu, Koperasi juga mendapatkan dukungan dari pemerintah yang pastinya akan sangat relevan dengan kebutuhan UMKM dan salah satunya LPDB” kata Iwa.

Iwa Garttiwa dengan UMKM Kota Bandung memperlihatkan produksi hasil UMKM

Memang kalau dilihat, pemerintah saat ini melalui Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah fokus mengembangakn koperasi dan sejalan dengan himbauan Iwa Gartiwa selaku Ketua Kadin Kota Bandung. “Saya yakin dengan bergabungnya UMKM dalam koperasi yang dikelola olen pengurus yang jujur, bertanggunjawab dan kreatif yang sudah bersertifikat, akan memperkuat bisnis UMKM dan UMKM Kota Bandung akan bisa melewati pulih dan bahkan menumbuhkembangkan bisnis mereka” tambah Iwa (30/1 - MH)

Editor: Ridwan Kurniawan

Bagikan melalui:

Komentar