• Selasa, 13 April 2021

UPZ Menuju LAZ Kadin Bandung Bermanfaat

Launching dan Pengukuhan Pengurus UPZ Kadin Bandung Bermanfaat 2021-2024

Launching dan Pengukuhan Pengurus UPZ Kadin Bandung Bermanfaat 2021-2024 Asep Ruslan Launching dan Pengukuhan Pengurus UPZ Kadin Bandung Bermanfaat oleh Ketua Kadin Kota Bandung Iwa Gartiwa

KADINBANDUNG.COM - Sebagai tindak lanjut peningkatan kerjasama antara Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Bandung dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bandung dari Memorandum of Understanding (MOU) menjadi Memorandum of Agreement (MOA).  Ketua Kadin Kota Bandung Ir. Iwa Gartiwa, MM Launching dan Pengukuhan Pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kadin Bandung Bermangfaat Periode 2021-2024 sesuai SK BAZNAS Kota Bandung Nomor 251/SK-UPZ/BAZNAZ.KT.BDG/II/2021 tanggal 3 Februari 2021 di Graha Kadin Kota Bandung Jl. Talaga Bodas No.31 Bandung, Senin (8/2/2021).

Dalam sambutannya Iwa Gartiwa mengatakan, bahwa Zakat menurut bahasa berarti kesuburan, kesucian, barakah dan berarti juga mensucikan.

“Diberi nama zakat karena dengan harta yang dikeluarkan diharapkan akan mendatangkan kesuburan baik itu dari segi hartanya maupun pahalanya. Selain itu zakat juga merupakat penyucian diri dari dosa dan sifat kikir,” kata Iwa Gartiwa.

“Zakat itu kalau pas kita dapat rezeki harus cepat disalurkan terutama bagi pengusaha dan para pelaku UMKM. Kami dari Kadin Kota Bandung sudah membuatkan platform digital manakala bapak/ibu mau menitipkan Zakat, Infaq, Shadaqoh dan Wakafnya ke UPZ Kadin Kota Bandung dan bapak ibu dapat langsung menyalurkannya. Misalnya untuk rumah yatim piatu, panti jompo, pembangunan masjid, bencana alam dan lain-lain,” ujarnya.

Menurut Iwa, para pengusaha di lingkungan Kadin Kota Bandung terkadang sering kebingungan untuk menyalurkan zakatnya.

“Diantara pengusaha dilingkungan Kadin Kota Bandung sering kebingungan untuk menyalurkan zakatnya harus kemana. Karena kalau membayar zakat itu jangan ditunda-tunda, segera tunaikan. Karena jika ditunda-tunda nilainya jadi lebih besar dan kita akan merasa berat. Oleh karena itu kami akan mendirikan Lembaga Amil Zakat (LAZ) Kadin Bandung Bermanfaat, tetapi karena terkendala beberapa persyaratan dan sesuai arahan dari Baznas Kota Bandung, maka kami  bentuk dulu UPZ Kadin Bandung Bermanfaat, “ terangnya.

Iwa Gartiwa bersama peserta Coffe Monday dan pengurus UPZ Kadin Bandung Bermanfaat (Foto: algadus)

Dihadapan para pelaku UMKM yang mengikuti acara rutin setiap Senin “Coffee Monday” yaitu acara Curhatnya para pelaku UMKM binaan Kadin Kota Bandung, Iwa mengatakan.

“Kita harus yakin bahwa Zakat, Infaq, Shadaqoh dan Wakaf yang kita keluarkan akan sangat membantu usaha yang kita lakukan, pasti akan mendongkrak usaha kita. UPZ Kadin Bandung Bermanfaat ini dibuat dengan sistem digitalisasi, menggunakan aplikasi modern yang sedang dibuat oleh tim Kadin Kota Bandung. Jadi ketika kita membayar Zakat, Infaq, Shadaqoh dan Wakaf di UPZ Kadin Bandung Bermanfaat, maka kita akan tahu tujuannya kemana, akan disalurkan ke siapa, semuanya transparan,  semuanya amanah, dan misi kita adalah saling menolong, saling membantu, supaya mendongkrak usaha kita dan mengurangi UMKM  dari bahaya jeratan dan rayuan “Bank Emok atau Rentenir,” ungkap Iwa.

Iwa juga mengatakan, jika kita punya ilmu jangan pelit, bagikan dan berikan kemudahan untuk orang lain.

“Biasakan  diantara kita untuk saling menolong, saling berbagi dan saling mendoakan, karena kebaikan apa yang kita berikan untuk orang lain itu akan berbalik pada diri kita. Walaupun pandemi Covid-19 belum berakhir, kita harus tetap semangat, bergeliat dan terus bergerak dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Insya Allah dari apa yang kita jalankan akan ada imbalannya bagi kesuksesan kita,” tambahnya.

Pemberian Tumpeng oleh Iwa Gartiwa kepada Asep Ruslan Ketua UPZ (Foto: algadus)

Selanjutnya pada acara Launching dan Pengukuhan Pengurus UPZ Kadin  Bandung Bermanfaat Periode 2021-2024, Ketua Kadin Kota Bandung melakukan pemotongan tumpeng yang diberikan kepada Ketua UPZ Kadin Bandung Bermanfaat Asep Ruslan yang juga menjabat sebagai Presiden Paguyuban Asep Dunia (PAD) Periode 2020-2025.

“UPZ Kadin Bandung Bermanfaat telah diberi amanah oleh BAZNAS Kota Bandung untuk menjadi  Unit Pengumpul Zakat, Infaq, Shadaqoh dan Wakaf, semoga menjadi  UPZ yang dapat dipercaya oleh masyarakat, menjadi LAZ yang besar  dan bermanfaat. Apapun yang menjadi perjalanan kita, mudah-mudahan menjadi bekal dan menjadi ibadah bagi kita semua,” tegasnya.

"Kepada para pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kadin Bandung Bermanfaat yang sudah resmi dikukuhkan, saya ucapkan selamat bekerja sebagai lembaga baru dengan tatanan baru di Kadin Kota Bandung. Saya yakin para pengurusnya adalah orang-orang pilihan dan profesional, bisa menunaikan amanah ini dengan baik, bekerja sama dengan BAZNAS dan berbagai stake holder terkait nantinya. Insya Allah ini akan menjadi media untuk ibadah kita semua," pungkas Iwa Gartiwa.

Pemaparan Road Map Rencana Strategis dan Program Manfaat UPZ oleh Asep Ruslan (Foto: algadus)

Sementara itu Ketua UPZ Asep Ruslan, dalam pemaparan “Road Map Rencana Strategis dan Program Manfaat UPZ Kadin Bandung Bermanfaat menuju LAZ Kadin Bandung Bermanfaat” mengucapkan terima kasih kepada Ketua Kadin Kota Bandung Iwa Gartiwa atas kepercayaannya diberikan amanah sebagai Ketua UPZ dan menjelaskan bahwa Zakat, Infaq, Shadaqah dan Wakaf adalah bentuk ajaran Islam yang mengajak umat manusia untuk peduli terhadap sesama.

“Keempat filantropi ini memiliki persamaan yaitu sama-sama bernilai ibadah dan meningkatkan solidaritas antar umat. Keempatnya memiliki peran penting dalam pemberdayaan umat yakni dengan pendayagunaan dana filantropi tersebut dapat meminimalisir ketimpangan perekonomian masyarakat, mengentaskan kemiskinan dan meminimalisir pengangguran dampak pandemi Covid-19. Juga masyarakat dan para pelaku UMKM akan terhindar dari “Bank Emok atau Rentenir” sebagaimana tadi disampaikan oleh Ketua Kadin Kota Bandung. Insya Allah dengan pengelolaan Zakat, Infaq, Shadaqoh dan Wakaf yang profesional, terwujudlah masyarakat yang tentram makmur dan sejahtera,” kata Asep Ruslan.

Program Tebar Wakaf Al Quran menjelang bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah (Foto: algadus)

Asep mengatakan bahwa Visi UPZ Kadin Bandung Bermanfaat, adalah menjadi Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqoh (LAZIS) kota Bandung terbaik dalam program dan layanan untuk masyarakat miskin perkotaan.

“Adapun Misi dari UPZ Kadin Bandung Bermanfaat, adalah menjadi penghubung antara muzakki (pemberi zakat) dan mustahik (penerima zakat) dengan program tepat sasaran (efektif), tepat anggaran (amanah), berdampak dan berkelanjutan,” pungkas Presiden PAD.

Susunan Pengurus UPZ Kadin Bandung Bermanfaat Periode 2021-2024:

  1. Pembina: Ir. Iwa Gartiwa, MM.
  2. Penasehat: KH. Asep Rahmat, M.Ag.
  3. Ketua: Ir. H. Asep Ruslan MS.
  4. Sekretaris: H. Asep Ridrid Karana, SH, CH.
  5. Bendahara: Irna Irawati, SH.
  6. Divisi Pengumpulan Dana: H. Tatang Hermawan, BE.
  7. Divisi Perencanaan Program: H. Dadi Hermana, SE, MM.
  8. Divisi Pendistribusian dan Pendayagunaan: Drs. Ilwan Syahwildan.

Pengurus UPZ : Ilwan Syahwildan, Asep Ruslan, Asep Rahmat dan Asep Ridrid Karana (Foto: algadus)

Layanan Jemput ZIS & Wakaf

UPZ Kadin Bandung Bermanfaat, siap menjemput Zakat, Infaq, Shadaqoh dan Wakaf anda.

Silakan menghubungi Contact Center kami dan mengisi identitas anda.

  1. Nama Lengkap :
  2. Alamat            :
  3. Nomor WA      :
  4. Email              :

Kirim ke WA. 081346409664 / 082120186929

atau Email ke upzkadinbandungbermanfaat@gmail.com

Atau Transfer Ke Rekening UPZ Kadin Bandung Bermanfaat

  1. Bank BJB Syariah 0010102890011 (Zakat).
  2. Bank Syariah Indonesi (BSI) 7464096641 (Non Zakat: Infaq, Shadaqoh, Wakaf, dll).

Asep Ruslan bersama tamu Guru SMKN 3 Bandung Ismail dan Yurita di Kantor UPZ  (Foto: algadus)

Atau Datang Langsung Ke Kantor UPZ Kadin Bandung Bermanfaat

Graha Kadin Kota Bandung (Setiap hari kerja Senin-Jumat)

Jl. Talaga Bodas No. 31 Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat

Telepon : (022) 7300703

Editor: Administrator

Bagikan melalui:

Komentar