• Minggu, 1 Agustus 2021

Sambutan Ketua Koperasi KLTS Dalam RAT Pertama 2020

Semangat Inovasi Jadi Keharusan Dalam Transformasi Organisasi Koperasi

Semangat Inovasi Jadi Keharusan Dalam Transformasi Organisasi Koperasi Administrator Ketua Koperasi KLTS Asep Ruslan bersama Lurah Cipadung Kidul Bahrudim (Foto: Algadus)

KADINBANDUNG.COM - “Semangat inovasi menjadi keharusan dalam transformasi organisasi Koperasi Konsumen Lereng Tanggul Sejahtera (Koperasi KLTS). Inovasi dalam segala bentuk aktivitas organisasi, proses bisnis maupun proses operasional. Selain itu, dalam melakukan kegiatan usaha, Koperasi KLTS senantiasa mengedepankan sikap saling percaya tanpa mengurangi sikap integritas dan profesionalisme agar terjalin hubungan kemitraan yang harmonis dan saling mnguntungkan,” kata Asep Ruslan, Ketua Koperasi KLTS saat memberikan sambutan pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) Pertama Tahun Buku 2020 Koperasi KLTS di Kedai Kopi Lereng Tanggul (KKLT) yang merupakan salah satu unit usaha Koperasi KLTS, Minggu (21/2/2021).

RAT merupakan forum tertinggi sebuah koperasi serta sebagai wujud komitmen tanggung jawab pengurus dan pengawas kepada anggota.

“Pelaksanaan RAT sebagai bukti kepada anggota bahwa Koperasi tetap eksis dan mampu beradaptasi walaupun di tengah keprihatinan akibat pandemi Covid-19,” terangnya.

Agus Ismuwidayat, Asep Ruslan dan Bahrudim (Foto: Algadus)

Pendirian Koperasi KLTS berawal diskusi di WAG Pengurus dan Anggota KKLT beserta tokoh masyarakat RW.03 Kelurahan Cipadung Kidul Kecamatan Panyileukan Kota Bandung, mitra kerja para ahli ekonomi dan pakar Koperasi.

“Dalam suasana keprihatinan akibat sulitnya perekonomian masyarakat dampak Pandemi Covid-19, 1 September 2020 kami alihkan KKLT yang merupakan usaha warga RW.03 ini menjadi Pra Koperasi KLTS dan 21 Desember 2020 Pra Koperasi menjadi Koperasi sesuai Akta Pendirian No.09 (Notaris Cahya Suryana, SH) dan Keputusan Menkum HAM RI  No. AHU-0007874.AH.01.26. Tahun 2021 Tanggal 12 Januari 2021, NIK. 3273267020141, NPWP : 41.180.523.7-429.000 dan NIB. 1237000112903,” penjelasan Ketua Koperasi KLTS.

Pengurus dan Pengawas Koperasi KLTS bersama Lurah Cipadung Kidul Bahrudim (Foto: Algadus)

Koperasi KLTS adalah badan usaha yang bergerak di bidang Jasa dan Perdagangan Umum, Peralatan & Perlengkapan Rumah Tangga, Kedai Makanan & Minuman. Selain memiliki Unit Simpan Pinjam & Pembiayaan Kredit, Koperasi KLTS juga mengembangkan usaha lainnya seperti BRILink, Sembako, Jasa Rental Mobil dan Peralatan Kantor & Gedung Kantor.

“Beberapa unit usaha Koperasi KLTS sangat terpukul akibat kebijakan pemerintah adanya pembatasan jam operasional dan jumlah pengunjung. Kami sangat memahami dan mendukung kebijakan tersebut sebagai antisipasi pengendalian dan menekan laju penularan Covid-19 yang kondisinya sudah sangat mengkawatirkan,” ungkap Asep Ruslan yang dikenal sebagai Presiden Paguyuban Asep Dunia (PAD).

Menurut Asep, dunia terus berubah dan kemajuan teknologi membuat perubahan semakin cepat dan tidak bisa dihindari.

“Organisasi modern harus mampu beradaptasi dengan perubahan agar dapat terus tumbuh dengan sehat dan berkualitas. Berbagai perkembangan terkini pada dunia usaha di Indonesia akhir-akhir ini memberikan pelajaran penting bagi Koperasi KLTS untuk selalu mempersiapkan diri dan melakukan transformasi dalam menghadapi perubahan. Hal tersebut guna mewujudkan Visi dan Misi Koperasi KLTS,” terangnya.

Peresmian Kantor Koperasi KLTS oleh Lurah Cipadung Kidul  Bahrudim (Foto: Algadus)

Visi dan Misi Koperasi KLTS

Visi

Menjadikan Koperasi Konsumen Lereng Tanggul Sejahtera (Koperasi KLTS) yang moderen, mandiri, membangun, terpercaya, dan terbesar di Bandung, maslahat bagi anggota dan masayarakat umum, yang dikelola secara professional berdasarkan prinsip dan nilai perkoperasian.

Misi

  1. Menyelenggarakan usaha pokok dan penunjang untuk meningkatkan kesejahteraan social dan ekonomi anggota dan masyarakat.
  2. Mengembangkan jenis usaha dari kebutuhan dan potensi atau sumber daya yang ada.
  3. Menyediakan bantuan modal, bantuan manajemen dan pemasaran untuk meningkatkan usaha anggota.
  4. Meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan anggota koperasi.
  5. Pengelolaan secara proporsional, profesional, dan akuntabel
  6. Pendidikan dan pembinaan anggota yang berkelanjutan.

Dengan prinsip koperasi dari kita, oleh kita dan untuk kita serta kerjasama dan sinergi yang baik antar bagian, baik di tingkat Pengurus, Pengawas, Anggota Koperasi, maupun Mitra Kerja. Asep berharap, semoga Koperasi KLTS akan maju dan berkembang untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh anggotanya.

“Semoga Koperasi KLTS dapat tumbuh sehat, berkesinambungan dan sukses, dengan senantiasa menjaga layanan berkualitas prima kepada mitra kerja, customer dan khususnya anggota Koperasi KLTS,” harapannya.

Kegiatan RAT Pertama Koperasi KLTS tahun buku 2020 (Foto: Algadus)

“Akhir kata, saya mewakili manajemen Koperasi KLTS mengucapkan terima kasih atas setiap dukungan maupun masukan demi meningkatkan kualitas layanan Koperasi KLTS. Semoga Allah SWT selalu memberikan rahmat dan hidayah kepada kita semua agar keberadaan Koperasi KLTS dapat terus memberikan kontribusi positif kepada seluruh stakeholder dan masyarakat. Aamiin Yaa Robbal Alaamiin,” pungkas Asep Ruslan Ketua Koperasi KLTS.

Selanjutnya pada kegiatan RAT ini pengurus koperasi memaparkan laporan pertanggungjawaban dan keuangan tahun 2020, penjelasan perhitungan SHU per anggota,  pemaparan Rencana Kerja Anggaran Pendapatan dan Belanja tahun 2021 dan memutuskan sejumlah kesepakatan. Setelah sesi tanya jawab, saran dan masukan dari anggota melalui Zoom Meeting, kegiatan RAT ditutup dengan doa.

Pantauan KADINBANDUNG.COM di lokasi, kegiatan RAT pertama tahun buku 2020 berjalan aman dan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Hadir dalam acara RAT tersebut Lurah Cipadung Kidul Drs. Bahrudim MAP, Ketua RW.03 Agus Ismuwidayat, SH, Ketua RT.03 Dindin Sahidin, ST, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Koperasi Konsumen Lereng Tanggul Sejahtera - Koperasi KLTS (Foto: Algadus)

Susunan Pengurus dan Pengawas Koperasi KLTS Periode 2020-2023

Pengurus Koperasi:

  1. Ir. H. Asep Ruslan MS (Ketua)
  2. Cece Suryana, ST (Wakil)
  3. Euis Komariah, Bc.Ak (Bendahara)
  4. Suharto MAP, BE (Sekretaris)
  5. Dudi Wahyuna (Wkl. Sekretaris)

Pengawas:

  1. Drs. RM. Sigid Harimurti, M.Ipol (Ketua)
  2. Agus Ismuwidayat, SH (Anggota)
  3. Dra. Wetty Arnani, M.M.Pd (Anggota)

Manager Unit Usaha: Dindin Sahidin, ST

Info Anggota/Kerjasama Usaha Telp/WA. 022-87881548

Email: lerengtanggulsejahtera@gmail.com

Editor: Administrator

Bagikan melalui:

Komentar