• Selasa, 28 September 2021

KAMIS MANIS NGOBROL BISNIS

"Sales Go Up, Ngeles Go Out"

"Sales Go Up, Ngeles Go Out" Hendra Saogi Ketua KADIN Kota Bandung, Iwa Gartiwa bersama Narasumber dalam Acara Kamis Manis Ngobrol Bisnis

KADINBANDUNG.COM “Kunci kesuksesan itu harus mau belajar, belajar, dan belajar,  jangan merasa sudah pandai, merasa sudah cukup, tapi yang namanya ilmu harus tetap digali”, itulah pesan yang disampaikan oleh Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Bandung, Iwa Gartiwa, ketika membuka acara Kamis Manis Ngobrol Bisnis yang mengangkat tema ”Sales Go Up, Ngeles Go Out”, pada hari Kamis, 4 Maret 2021 bertempat di Aula Graha KADIN Kota Bandung, Jalan Talaga Bodas No. 31 Kota Bandung.

Narasumber dan Peserta Kamis Manis Ngobrol Bisnis (04/03/2021)

Acara Kamis Manis Ngobrol Bisnis episode ke-34 ini diikuti oleh 30 peserta UMKM dari berbagai bidang usaha yang datang dari daerah-daerah se-Bandung Raya, dan menghadirkan narasumber Ahmad Gemma Nurrahman, Owner Hotel Narapati Bandung juga sebagai Pendamping UMKM Juara, serta dari jajaran Pengurus KADIN Kota Bandung, Wakil Ketua Bidang Koperasi, UMKM dan Kemitraan, Bambang Tris Bintoro, Komite Tetap Organisasi dan Keanggotaan, Rustam Hutabarat, serta Komite Tetap Waralaba dan Kemitraan, Bhakti Desta Alamsyah.

Dikata Iwa dalam sambutannya  bahwa covid masih menghantui kita apalagi sekarang sudah ditemukan varian baru B117 di daerah Karawang, namun walaupun ada varian baru, kita harus melakukan kegiatan usaha, dengan cara terus menjaga Protokol Kesehatan, jangan sampai musibah ini menimpa kita.

selanjutnya menurut Iwa UMKM ini luar biasa, UMKM itu ilmunya banyak, mulai dari produksi, marketing, keuangan dan lainnya semua dilakukan dan dipikirkan sendiri,  berbeda dengan perusahaan besar yang punya divisi-divisi sendiri untuk masing-masing pekerjaan, seperti divisi marketing, divisi produksi, dan divisi lainnya.

Rahasia kesuksesan lainnya menurut Iwa adalah harus berjejaring, terus menjalin silaturahmi, karena orang yang sukses itu adalah orang yang silaturahminya terjaga, terus jalin silaturahmi dengan teman-teman sekolah, arisan, pengajian dan komunitas-komunitas, karena itu sebagai market kita.  Disamping itu orang yang “cerewet” itu dulu dipandang negatif, tapi sekarang hal itu diperlukan untuk marketing baik offline maupun online/medsos.

Para Peserta Kamis Manis Ngobrol Bisnis

Iwa juga menyampikan KADIN Kota Bandung akan melayani terus para pelaku-pelaku UMKM supaya bisa naik kelas, makin maju, makin ada celah-celah untuk bisa berkreatif dan berinovasi.

Ditambahkan Iwa, KADIN Kota Bandung bersama Kejaksaan Negeri Bandung diberi amanah untuk menfasilitasi penyaluran Dana Bergulir dari LPDB melalui Koperasi, untuk itu jika ada yang sudah punya koperasi bisa mengajukan proposal ke KADIN Kota Bandung. 

Selanjutnya Gemma, Owner Hotel Narapati mengatakan industri paling depan terkena dampak covid-19 adalah industri pariwisata.  Sebaga usaha perhotelan Hotel Narapati  ini mengambil peluang dari MICE market, Halal Touris dan Hotel Syariah. Salah satu cara yang dilakukan oleh perhotelan  untuk bisa mempertahankan bisnisnya  diri adalah dengan terus berjiwa muda atau flexible.

Ahmad Gemma Nurrahman Saat Memberikan Materi dalam Acara Kamis Manis Ngobrol Bisnis

Menurut Gemma seorang pengusaha dilarang untuk berasumsi kecuali jika tujuannnya untuk trial by error, pengusaha itu harus ada keterukuran, jangan berdasarkan hipotesa atau asumsi, dan pelatihan-pelatiahn seperti sekarang ini adalah sebagai ajang berbagi dan menguji.

Untuk mengenal konsumen landasannya adalah price  atau harga hubungannya dengan HPP, Produk  yang harus selalu diperbaiki dan memperhatikan segmenting, targeting dan positioning , serta  faktor Place.

Editor: Laras Lestari

Bagikan melalui:

Komentar