• Jumat, 26 Februari 2021

Kadin Jepara Puji dan Akan Contoh Kadin Kota Bandung dalam Pembinaan UMKM

Kadin Jepara Puji dan Akan Contoh Kadin Kota Bandung dalam Pembinaan UMKM Asep Ruslan Wakil Ketua Bidang OKK Kadin Jepara, H. Chaerul Anwar, Ketua Kadin Kota Bandung Iwa Gartiwa dan Ketua Komisi B DPRD Jepara H. Nur Hamid

KADINBANDUNG.COM - Dalam rangka study banding  terkait pembinaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di masa pandemi Covid-19, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Jepara dan Komisi B DPRD Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah melakukan kunjungan kerja ke Kadin Kota Bandung Jalan Talaga Bodas No.31 Bandung, Jumat (11/12/2020).

Rombongan yang berjumlah 15 orang tersebut dipimpin Wakil Ketua Bidang OKK, H. Chaerul  Anwar, S.Sos yang mewakili  Ketua  Kadin Kabupaten Jepara, H. Andang Wahyu Trianto, SE., MM, dan Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Jepara H. Nur Hamid S.Ag, beberapa pengusaha Jepara dan pendamping.

Ketua Kadin Kota Bandung, Ir. Iwa Gartiwa, MM yang menerima rombongan beserta jajaran pengurus Kadin Kota Bandung, seperti : Wakil Ketua Bidang OKK, Yadie Abidin, Wakil Ketua Bidang Perdagangan Luar Negeri, Dr.Elvin B. Sinaga,S.IP,  Wakil Ketua Bidang Ketahanan Pangan dan Energi, Mohamad Ilyas, ST., MM ,  Wakil Ketua Bidang Koperasi, UMKM dan Kemitraan,  Bambang Tris Bintoro, Komite Tetap OKK, Drs. H. Rustam Hutabarat, Komite Tetap  MICE dan Promosi Usaha, Drs. Ilwan Syahwildan, Komite Tetap Koperasi,  Moch. Gerry Garkyana, Komite Tetap  Waralaba dan Kemitraan, Bhakti Desta Alamsyah, Direktur Eksekutif Kadin Kota Bandung, Ridwan Kurniawan dan Pemimpin Redaksi Majalah Entrepreneur Kadin, Ir. H. Asep Ruslan.

Rombongan Kadin Jepara, Komisi B DPRD Jepara bersama pengurus Kadin Kota Bandung (Foto: Asep Ruslan)

Usai pertemuan dan diskusi, Pimpinan rombongan H. Chaerul Anwar, S.Sos  mengatakan, banyak manfaat dari study banding di Kadin Kota Bandung.  

“Apa yang telah dilakukan Kadin Kota Bandung, patut dicontoh oleh Kadin Kabupaten Jepara terutama dalam pembinaan para pelaku UMKM di masa pandemi Covid-19. Banyak manfaat dari kegiatan study banding di Kadin Kota Bandung ini,” kata H. Chaerul Anwar, S.Sos.

Pemaparan Lembaga Sertifikasi Profesi Administrasi Perkantoran Indonesia (LSP AP-I) oleh Mohamad Ilyas (Foto: Asep Ruslan)

Menurutnya, Kadin Kota Bandung sudah melaksanakan peran dan fungsinya sebagai wadah bagi para pengusaha dengan berbagai kegiatan pembinaaan dengan memfasilitasi curhatan UMKM melalui acara Coffee Monday dan memberikan edukasi lewat acara Kamis Manis Ngobrol Bisnis.

“Juga dengan ide Ketua Kadin Kota Bandung Pak Iwa Gartiwa dengan meluncurkan Majalah Cetak Bulanan Entrepreneur Kadin, Kadin Bandung TV dan media onlne kadinbandung.com. Serta adanya Lembaga Sertifikasi Profesi Administrasi Perkantoran Indonesia (LSP AP-I). Semuanya menjadi inspirasi bagi kami, Kadin Kabupaten Jepara dalam membina UMKM dan kegiatan lainnya," pungkasnya.

Iwa Gartiwa menyerahkan majalah Entrepreneur Kadin kepada Ketua Komisi B DPRD Jepara, H. Nur Hamid (Foto: Asep Ruslan)

Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Jepara, H. Nur Hamid S.Ag mengapresiasi  apa yang dilakukan Kadin Kota Bandung dalam kerjasama dan kolaborasi dengan pemerintah daerah, Dinas/OPD terkait dan Stakeholder dengan membuat Gerakan Ekonomi Bandung Bangkit (GEBB) disaat pandemi Covid-19.

"Ini belum dilakukan oleh Kadin Kabupaten Jepara, patut menjadi contoh Kadin Kabupaten Jepara dan juga Komisi B DPRD Kabupaten Jepara. Utamanya dalam membangun pola kemitraan antara Kadin  dengan pemerintah daerah. Akan kami lakukan sesuai dengan prosedur dan aturannya," kata Nur Hamid. 

Kolaborasi Asep Ruslan bersama Aa Ipung, Kadin Kota Bandung Bermanfaat (Foto: Asep Ruslan)

Tanggapan senada juga diberikan oleh Anggota DPRD Kabupaten Jepara lainnya, Saiful Muhammad Abidin, S.Ag atau yang akrab dipanggil Aa Ipung.

“Kadin Kota Bandung memang sangat luar biasa, baik dari Gedung sekretariatnya juga dalam kegiatannya, seperti pelatihan IT, penggunaan gopay dan barcode untuk UMKM dan berbagai kegiatan pendukung lainnya. Sebenarnya ini yang harus dilakukan oleh Kadin Kabupaten Jepara, Lembaga Sertifikasi Profesi Administrasi Perkantoran Indonesia (LSP AP-I) nya juga menjadi inspirasi bagi Kadin Jepara untuk diadakan,” pungkas Aa Ipung, yang juga Ketua Gabungan Pengusaha Optik (Gapopin) Kabupaten Jepara.

Editor: Asep Ruslan

Bagikan melalui:

Komentar