• Jumat, 26 Februari 2021

Kadin Kota Bandung, Coffee Monday Diskusi Permasalahan dan Solusi UMKM

Kadin Kota Bandung, Coffee Monday Diskusi Permasalahan dan Solusi UMKM Asep Ruslan Ketua Kadin Kota Bandung, Ir. Iwa Gartiwa, MM membuka acara Coffee Monday

KADINBANDUNG.COM - Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia semakin bertambah setiap tahunnya. Menurut data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, saat ini pelaku UMKM di Tanah Air mencapai ± 60 juta. Jumlah tersebut diprediksi terus bertambah seiring dengan kemajuan teknologi dan potensi sumber daya manusia yang semakin berkembang.

Tingginya pertumbuhan UMKM memberikan angin segar bagi perekonomian di Indonesia, salah satunya dengan berhasil membuka banyak lapangan kerja baru. Namun bukan berarti pertumbuhan pesat tersebut lepas dari permasalahan. Berbagai permasalahan UMKM yang ada justru membuatnya kalah bersaing, jalan di tempat, hingga gulung tikar.

Acara Coffee Monday Kadin Kota Bandung (Foto: Asep Ruslan)

Kadin Kota Bandung kolaborasi dengan pemerintah daerah dan pihak swasta terus berinovasi membuat langkah-langkah solutif agar UMKM dapat tumbuh, bertahan dan terus berkembang walaupun di masa yang sulit Pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, Ketua Kadin Kota Bandung Ir. Iwa Gartiwa, MM membuka program kegiatan baru Kadin Kota Bandung “Coffee Monday” yang dilaksanakan rutin setiap Senin mulai jam 09.00-11.00 Wib, bertempat di Aula Graha Kadin Kota Bandung Lt.1 Jalan Talaga Bodas No. 31 Kota Bandung, Senin (9/11/2020).

Mang Edi pengusaha rujak asal Panyileukan Kota Bandung (Foto: Asep Ruslan)

 “Kadin Kota Bandung selalu terbuka untuk UMKM dan para pelaku usaha lainnya. Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim... kegiatan “Coffee Monday” secara resmi dibuka. Tok... Tok... Tok...,” kata Iwa Gartiwa Ketua Kadin Kota Bandung saat membuka acara Coffee Monday, Senin (9/11/2020).

Menurut Iwa, kegiatan Coffee Monday ini bertujuan untuk memberikan kesempatan UMKM bisa sharing tentang permasalahan-permasalahan usahanya. 

“Dalam kegiatan Coffee Monday ini, UMKM bisa berdiskusi dan sharing tentang permasalahan-permasalahan usahanya.  Juga akan dihadirkan succes story dari para pengusaha sukses di Kota Bandung.  Sehingga para pelaku UMKM bisa mengambil pelajaran dan pengalaman dari succes story tersebut,” pungkasnya.

Dalam kegiatan perdana acara Coffee Monday ini dihadirkan pengusaha rujak Mang Edi Binaan UMKM Kadin Kota Bandung (rujaknya sudah dinikmati oleh kalangan istana negara), pengusaha sukses asal kelurahan Mekarmulya, Kecamatan Panyileukan Kota Bandung.

Hadir dalam acara Coffee Monday, selain para UMKM Kota Bandung, juga pengurus Kadin Kota Bandung yaitu Koordinator Program Kegiatan Coffee  Monday Ilwan Syahwildan, Komite Tetap Organisasi dan Keanggotaan H. Rustam Hutabarat, Komite Tetap Waralaba dan Kemitraan Bhakti Desta Alamsyah, Direktur Eksekutif Kadin Kota Bandung Ridwan Kurniawan, Kehumasan Kadin Kota Bandung & Pemimpin Redaksi Majalah Entrepreneur Kadin Kota Bandung H. Asep Ruslan dan Pengusaha Tambak Udang Millenial Heri C. Utomo.

Dalam komentarnya Koordinator Program Kegiatan Coffe Monday Ilwan Syahwildan, berharap ini jadi solusi UMKM dan bisa berkesinambungan.

“Semoga kegiatan Coffee Monday ini menjadi solusi bagi para UMKM dalam menjalankan usahanya di era Pandemi Covid-19. Dan berharap acara ini dapat berkesinambungan dan memberikan berkah,” pungkas Iwan. ***

Editor: Muhamad Basuki

Bagikan melalui:

Komentar